Pantangan Dan Anjuran Utama Pada Penderita Glaukoma

Pantangan Dan Anjuran Utama Pada Penderita Glaukoma

Pantangan Dan Anjuran Utama Pada Penderita Glaukoma,- Glaukoma adalah jenis gangguan penglihatan yang ditandai dengan terjadinya kerusakan pada saraf optik mata, biasanya diakibatkan oleh adanya tekanan di dalam mata. saraf mata adalah sekumpulan serat saraf yang menghubungkan retina ke otak. Disaat saraf mata sudah rusak, sinyal yang bertugas untuk meneruskan apa yang anda lihat ke otak terganggu.

Pantangan Dan Anjuran Utama Pada Penderita Glaukoma

Ada beberapa jenis glaukoma. Glaukoma dibagi menjadi glaukoma sudut terbuka, glaukoma sudut tertutup, glaukoma tekanan normal, pigmentary glaucoma, glaukoma kongenital dan glaukoma sekunder. Jenis glaukoma yang sering terjadi yaitu glaukoma sudut terbuka.

Penyebab utama glaukoma adalah meningkatnya tekanan di dalam mata (tekanan intraokular), akibat dari produksi cairan mata yang berlebihan, ataupun akibat terhalangnya saluran pembuangan cairan tersebut. Tekanan ini dapat merusak serabut saraf retina atau jaringan saraf yang melapisi bagian belakang mata dan saraf optik yang menghubungkan mata ke otak juga.

Gejala glaukoma juga bisa terjadi secara cepat (akut) atau bisa juga secara perlahan-lahan (kronis). Seperti pada glaukoma sudut tertutup seringkali gejala berkembang dengan cepat atau akut. Biasanya seseorang yang terkena kondisi ini akan mengalami ciri-ciri nyeri dan merah pada mata.

Siapa yang beresiko lebih tinggi mengalami mata glaukoma?

  1. Memiliki anggota keluarga yang juga menderita glaukoma
  2. Pernah mengalami cedera pada mata atau menjalani operasi
  3. Penderita migrain atau penyempitan pembuluh pembuluh darah otak
  4. Orang dengan keluhan diabetes, hipertensi, penyakit jantung atau kelenjar tiroid yang terlalu aktif.

Pantangan Makanan Untuk Penderita Glaukoma

Tidak semua makanan yang tersedia aman untuk pasien glaukoma, ada beberapa jenis makanan yang harus dihindari oleh penderita glaukoma, apa saja yang menjadi pantangan untuk penderita glaukoma? diantaranya :

  1. Coklat
  2. Softdrink
  3. Putih telur
  4. Teh
  5. Daging berserat merah
  6. Kopi

Anjuran Makanan Untuk penderita Glaukoma

  1. Wortel

WortelKandungan nutrisi yang dimiliki wortel kaya akan kalori, karbohidrat, lemak, vitamin A, B1, dan C. Makanan ini disebut sebagai sumber vitamin A yang baik untuk menjaga kesehatan mata serta betakaroten yang membantu memperbaiki penglihatan yang melemah.

  1. Ikan Salmon

Pantangan Dan Anjuran Utama Pada Penderita GlaukomaTidak jauh berbeda dengan wortel, ikan salmon juga mengandung vitamin A baik untuk menjaga kesehatan mata. Asam lemak omega-3 dan asam amino bekerja sama dalam mencegah penuaan mata.

  1. Bayam

Pantangan Dan Anjuran Utama Pada Penderita GlaukomaSelain dapat menambah energi, ternyata bayam mengandung banyak zeaxanthin dan lutein. Selain itu juga, bayam mengandung vitamin C yang dapat mencegah penyakit glaukoma.

  1. Alpukat

alpukatAlpukat mengandung banyak lutein. Fungsi lutein yaitu mencegah degenerasi makula dan mata katarak. Selain itu, alpukat juga berperan sebagai penyerap nutrisi alfa dan betakaroten yang berguna dalam membentuk vitamin A agar diserap tubuh dengan baik.

Anjuran Sehat Yang Dapat Dilakukan Oleh Seorang Penderita Glaukoma

  • Olahraga aerobik
  • Kontrol gula darah dan tekanan darah
  • Menjaga berat badan ideal. Kegemukan meningkatkan risiko seperti diabetes, jantung dan tekanan darah tinggi. Penyakit diabetes merupakan salah satu penyebab glaukoma sehingga nutrisi yang seimbang dan berat badan ideal dibutuhkan penderita glaukoma.
  • Konsumsi buah-buahan dan sayuran kaya antioksidan yang bermanfaat untuk kesehatan mata terutama saraf mata.

Jaga kondisi mata supaya tetap sehat. Lakukan terapi mata secara alami jika perlu. Minimal setahun sekali ke dokter supaya bisa melakukan penanganan dini jika terjadi gejala penyakit mata. dan konsumsi Herbal Walatra Sehat Mata yang sudah terbukti ampuh, aman, alami menyembuhkan glaukoma sekaligus mencegah kebutaan.

Itulah Pantangan Dan Anjuran Utama Pada Penderita Glaukoma yang harus anda hindari untuk mempercepat proses penyembuhan. Semoga bermanfaat bagi anda. Terimakasih telah berkunjung^-^

Artikel terkait : 9 Ciri-Ciri Penyakit Mata Glaukoma
                            Penyebab Glaukoma Yang Sering Terjadi

Posted by:

Obat Glaukoma Alami Tanpa Operasi 100% Manjur

2 Trackbacks / Pingbacks

  1. Biaya Dan Efek Samping Pasca Operasi Glaukoma - OBAT GLAUKOMA ALAMI TANPA OPERASI
  2. Tanaman Obat Penyakit Glaukoma Paling Ampuh Bagi Penderita

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*