Makanan Terbaik Untuk Penderita Sakit Pinggang

Untuk memulihkan sakit pinggang dengan cepat, anda butuh asupan nutrisi yang tepat. Sumber nutrisinya pun harus anda pilih dengan bijak. Nah, berikut adalah daftar Makanan Terbaik Untuk Penderita Sakit Pinggang yang wajib kamu ketahui.Makanan Terbaik Untuk Penderita Sakit PinggangSakit pinggang atau lumbago adalah nyeri yang dirasakan di sekitar tulang lumbar, di antara cakram, jaringan, otot dan saraf tulang punggung hingga organ tubuh di sekitar panggul dan perut. Kondisi ini dialami 80 persen penderita dewasa 30-50n tahun dengan intensitas nyeri ringan hingga berat.

Sebagian besar penderita mengalami sakit pinggang dikarenakan alasan mekanis seperti gaya hidup yang menuntut mereka duduk untuk waktu yang lama tanpa diseimbangi dengan olahraga cukup, mengangkat barang berat, atau mengalami kecelakaan yang mencederai pinggang dan sekitarnya.

Penyebab Sakit Pinggang

Penyebab sakit pinggang dibagi menjadi dua, yaitu mekanis dan medis. Penyebab mekanis dipicu oleh pengikisan struktur dan daya tahan pinggang yang meliputi sendi, cakram, otot, saraf dan tulang dengan usia sebagai faktor utama. Berikut adalah beberapa kondisi yang termasuk dalam penyebab mekanis :

  • Keseleo. Cedera yang mengakibatkan tekanan pada tendon atau otot seperti saat terpeleset, salah posisi duduk, mengangkat beban berat, atau meregangkan otot berlebih. Dalam kondisi parah, ligamen bisa mengalami perobekan.
  • Pengikisan cakram tulang belakang. Penurunan kekuatan cakram tulang belakang dalam menahan beban, menunduk, dan aktivitas lainnya.
  • Perubahan struktur tulang. Kondisi ini umumnya terjadi saat usia mulai senja dan mengakibatkan postur tubuh yang buruk. Skoliosis, kyphosis, dan lordosis adalah beberapa contoh pemicu perubahan struktur tulang.
  • Cedera cakram tulang belakang. Perobekan atau penyelipan cakram saat penderita jatuh atau terpelintir. Dalam situasi tertentu, cakram dapat menekan saraf tulang belakang, menimbulkan rasa sakit seperti tertusuk atau terbakar pada bagian pinggang hingga kaki.
  • Radikulopati. Inflamasi atau penekanan pada saraf tulang belakang yang terjadi saat cakram yang terselip menekan saraf tulang belakang secara berlebih. Bagian tubuh yang dipersarafi oleh sarap yang tertekan akan mengalami sakit, kesemutan, hingga mati rasa.
  • Stenosis spinal. Penekanan pada saraf sumsum tulang dikarenakan penyempitan pada saluran saraf di tulang belakang, mengakibatkan penderita merasa sakit seperti kram, lemas, atau mati rasa, khususnya saat berdiri atau berjalan.
  • Spondylolisthesis.Salah satu atau beberapa ruas tulang belakang bergeser dan menekan saraf tulang belakang.

Kondisi medis tertentu juga dapat memicu sakit pinggang, seperti batu ginjal, osteoporosis, peradangan sendi, fibromyalgia, penyebaran kanker dari organ tubuh lainnya, tumor, aneurisma aorta, hingga endometrosis.

Selain umur, faktor seperti genetik, gaya hidup sedentari, minim aktivitas fisik, berat badan berlebih, kondisi mental, pekerjaan, dan kehamilan dapat meningkatkan seseorang mengalami sakit pinggang.

Makanan Terbaik Untuk Penderita Sakit Pinggang

Mengubah pola makan dan menemukan makanan terbaik untuk sakit pinggang dapat membantu memerangi sakit pingang. Berikut ini beberapa makanan yang dapat membantu mencegah peradangan sakit pinggang :

  1. Ikan Tuna

Ikan ini menawarkan beberapa nutrisi yang dapat membantu anda menjaga peradangan di teluk. Itu juga penuh dengan banyak nutrisi yang anda butuhkan, menjadikannya tambahan yang bagus untuk daftar makanan anti-inflamasi anda.

  1. Ikan Salmon

Sama seperti tuna, salmon dapat memberi anda banyak nutrisi yang anda butuhkan, termasuk omega-3, Sambil membantu mengurangi peradangan. Banyak jenis ikan lain yang kaya asam lemak omega-3 juga dapat membantu.

Coba tambahkan beberapa ikan sardin, ikan cod hitam, dan ikan hering ke dalam diet anti peradangan anda. Semua ikan dapat membantu meningkatkan aliran darah ke punggung dan membuat anda lebih sehat.

  1. Wortel

Wortel juga dapat membantu mengurangi peradangan. Seperti banyak sayuran “berwarna pekat”, wortel memiliki banyak sekali nutrisi yang dapat membantu melawan peradangan dan sakit punggung kronis. Coba tambahkan wortel cincang ke salad atau ngemil wortel bayi. Mereka renyah seperti kentang, tetapi jauh lebih baik untuk anda.

  1. Ubi Jalar

Ubi jalar juga dapat membantu anda mengurangi peradangan. Beberapa orang menganggap ubi jalar sebagai “makanan super” yang berarti bahwa makanan itu penuh dengan nutrisi. Itu termasuk nutrisi yang dapat membantu anda mencegah peradangan. Sebuah ubi jalar membuat lauk mudah untuk makan malam. Padukan dengan ikan seperti salmon untuk menggandakan efektivitas anti-inflamasi.

  1. Anggur

Anda tidak perlu memotong semua yang anda sukai ketika anda memulai diet anti-inflamasi. Anggur merah benar-benar dapat membantu mengurangi peradangan juga. Itu karena anggur menawarkan banyak antioksidan dan nutrisi yang anda butuhkan untuk melawan sakit punggung. Memiliki segelas anggir merah saat makan malam dapat membantu, jika anda cukup sehat untuk mengonsumsi alkohol.

  1. Kacang

Kita semua tahu bahwa kacang adalah cemilan sehat, tetapi apakah anda tahu bahwa mereka juga bisa menjadi bagian penting dari diet anti-inflamasi? Makanan seperti almond dan kacang mete mengandung lemak baik dan nutrisi lain yang penting bagi siapapun yang mencoba untuk menjalani gaya hidup sehat.

  1. Bumbu

Beberapa bumbu masakan umum juga dapat membantu anda mengurangi sakit pinggang. Coba tambahkan lebih banyak basil, kayu manis, dan kunyit ke dalam diet anda. Masing-masing memiliki sifat anti-inflamasi yang dapat membantu anda menjalani kehidupan yang lebih aktif dengan lebih sedikit sakit pinggang.

Itulah beberapa Makanan Terbaik Untuk Penderita Sakit Pinggang. Untuk penanganan sembuh dari sakit pinggang dengan cepat silahkan kunjungi website resmi kami. KLIK DISINI

Baca juga

Tips Penanganan Sakit Pinggang di Rumah

Penyebab Sakit Pinggang Yang Sering Di Abaikan

SEMOGA BERMANFAAT – SALAM SEHAT

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*