8 Cara Utama Mencegah Mata Terkena Glaukoma

8 Cara Utama Mencegah Mata Terkena Glaukoma,- Glaukoma adalah jenis gangguan penglihatan yang ditandai dengan terjadinya kerusakan pada saraf optik yang biasanya diakibatkan oleh adanya tekanan di dalam mata. baik akibat produksi cairan mata yang berlebihan, maupun akibat terhalangnya saluran pembuangan cairan tersebut.8 Cara Utama Mencegah Mata Terkena GlaukomaCara mencegah glaukoma secara alami dapat dilakukan melalui aktivitas serta melalui makanan yang kaya akan gizi. Glaukoma masih menjadi salah satu penyakit yang sangat mengerikan. Dampak yang paling ditakuti dari penyakit ini adalah kebutaan dan kerusakan mata permanen.

Hingga saat ini memang belum ada pencegahan glaukoma yang efektif. Hanya kita bisa mencegah dengan memeriksakan mata secara berkala. Namun selalu ada upaya pencegahan yang bisa dilakukan oleh semua orang untuk mencegah glaukoma. Berikut adalah gejala- gejala glaukoma:

  • Nyeri pada mata
  • Sakit kepala
  • Melihat bayangan lingkaran di sekililing cahaya
  • Mata memerah
  • Mual atau muntah
  • Mata berkabut (khususnya pada bayi)
  • Penglihatan yang makin menyempit hingga pada akhirnya tidak dapat melihat obyek sama sekali

Menurut Badan Kesehatan Dunia atau WHO, glaukoma merupakan penyebab kebutaan kedua terbesar di seluruh dunia setelah katarak. Tentunya kita tidak ingin hal ini terjadi pada kita. Anda bisa melakukan 8 Cara Utama Mencegah Mata Terkena Glaukoma

8 Cara Utama Mencegah Mata Terkena Glaukoma

Ada beberapa upaya yang bisa anda lakukan untuk bisa terhindar dari glaukoma. Berikut ini adalah langkah alami yang perlu anda lakukan sejak dini :

  1. Lindungi Mata Saat Olahraga

Manfaat olahraga memang sangat besar bagi kesehatan. Namun saat anda sedang berolahraga atau melakukan latihan secara rutin maka lebih baik untuk menggunakan pelindung mata. Misalnya jika anda lari di siang hari gunakan kacamata hitam. Trauma pada mata bisa menyebabkan glaukoma sudut tertutup sehingga terkadang gejala tidak bisa langsung mudah dirasakan.

  1. Hindari Sumber Lemak Trans

Banyak orang yang tidak mengetahui cara mencegah glaukoma adalah dengan menghindari lemak trans. Lemak trans adalah salah satu jenis lemak yang bisa mengganggu serapan lemak omega 3 dalam tubuh. Lemak trans bisa menyebabkan berbagai jenis penyakit mata termasuk glaukoma. ada beberapa sumber makanan yang mengandung lemak trans seperti minyak goreng sayur, semua makanan yang dibakar dan digoreng, kerupuk dan makanan cepat saji.

  1. Konsumsi Buah Berwarna Gelap Atau Abu-Abu

Semua jenis buah yang memiliki warna gelap atau abu-abu berkhasiat baik untuk menjaga kesehatan mata seperti mencegah penyakit glaukoma. beberapa buah yang baik dikonsumsi secara rutin adalah seperti bluberry, cranberry, dan semua jenis golongan buah berry. Buah-buahan ini dapat membantu sistem saraf dan otot pada bagian mata bisa bekerja secara maksimal.

  1. Konsumsi Omega 3

Anda bisa melakukan pencegahan glaukoma dengan cara sering mengkonsumsi makanan yang mengandung omega 3. Ini adalah jenis lemak dan berasal dari hewan yang bisa bekerja untuk meningkatkan perlindungan terhadap fungsi retina dan mengatasi semua jenis penyakit yang bisa menyerang bagian lensa dan retina mata. makanan yang mengandung omega 3 seperti ikan salmon yang hidup di danau.

  1. Kendalikan Kadar Gula Darah

Jika anda memiliki gangguan penyakit yang berhubungan dengan kadar gula dalam darah seperti diabetes, maka anda harus selalu waspada dengan glaukoma. ketika kadar gula dalam darah tinggi maka bisa membuat lensa mata dan retina mengalami gangguan,

Tubuh tidak bisa membuat insulin yang cukup untuk mengolah semua kadar gula dalam darah. Dan berdampak kerusakan pada bagian lensa dan retina. Gejala yang perlu diwaspadai adalah pandangan mata kabur, sakit kepala, pandangan mata ganda, peka terhadap cahaya dan sering disertai dengan mual atau muntah

  1. Hindari Makanan Tinggi Garam

Jika anda sudah mengalami gangguan penyakit hipertensi maka harus menghentikan kebiasaan mengkonsumsi makanan tinggi garam. Ketika tubuh menampung banyak garam semua organ bekerja keras termasuk untuk jantung yang mengedarkan darah ke pembuluh darah. Kondisi ini yang menyebabkan tekanan pada mata dan peluang glaukoma menjadi semakin besar.

  1. Hindari Minum Banyak Sekaligus

Kebiasaan minum banyak sekaligus juga bisa menyebabkan masalah pada tekanan saraf bagian mata. Tekanan inilah yang kemudian bisa menyebabkan kerusakan atau masalah aliran pada cekungan lensa mata. Dampak yang paling fatal adalah resiko glaukoma yang lebih tinggi.

  1. Melakukan Pemeriksaan Secara Teratur

Bagi orang yang sudah berusia lebih dari 40 tahun harus sering melakukan pemeriksaan mata secara teratur. Ketika glaukoma diketahui sejak dini maka anda bisa memutuskan melakukan diet yang sehat untuk mata. Selain itu pemeriksaan mata juga bisa mencegah terjadinya kerusakan mata yang lebih lanjut.

Itulah beberapa cara mencegah mata terkena glaukoma. Namun salah satu cara yang paling tepat untuk mencegah glaukoma adalah dengan melakukan pemeriksaan mata secara teratur. Pada tahap awal glaukoma masih bisa diobati untuk mencegah kebutaan atau kerusakan mata permanen.

Jika penyakit glaukoma dibiarkan begitu saja tanpa adanya penangan yang lebih serius maka akan berakibat fatal. seorang penderita glaukoma harus melakukan operasi dengan jumlah biaya yang tidak sedikit.

Rekomendasi Obat Herbal Alami Rabun Dekat >> KLIK DISINI

Sekian artikel tentang 8 Cara Utama Mencegah Mata Terkena Glaukoma yang saya buat, semoga bermanfaat bagi anda dan menjadi salah satu jalan penyembuhan anda

Posted by:

 

 8 Cara Utama Mencegah Mata Terkena Glaukoma

1 Trackback / Pingback

  1. Bahaya Glaukoma Yang Sering Diabaikan - OBAT GLAUKOMA ALAMI TANPA OPERASI

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*